June 18, 2016

J&J

Alhamdulillah hari ini udah hari ke 13 puasa ramadan. Pagi ini cuacanya agak gerimis, dingin banget. Sehari lagi jadi pas dua pekan puasa, hasilnya cukup memuaskan dengan tiap subuh ngelakuin rutinias sahur, meskipun sering susah dibangunin. Selama bulan puasa sekarang tiap hari gak pergi kemana-mana, cuma di rumah aja ngasuh anak-anak yang main ps. Lumayan bikin usaha di rumah kecil-kecilan. Kebetulan gak ada jadwal ngeband, padahal sebelumnya ngira bakalan banyak acara di bulan puasa ini. Hmm, mungkin itu belum rejeki buat aku :)

Puasa sekarang bener-bener banyak godaan. Rasanya susah banget mau solat. Ya Alloh gimana ya supaya diri ini sigap kalo datang waktunya solat. Harusnya selama bulan ini banyak ngerjain amalan-amalan soleh yang bermanfaat. Malam pertama tarawih, ngeliat ada tetangga yang kerjanya jadi polisi. Kalo lagi tugas, serem banget wajahnya, ya selayaknya seorang polisi harus bikin orang lain segan. Tapi waktu malam pertama tarawih itu, si tetangga itu tadarusan ba'da tarawih. Bagus banget suaranya. Rasanya pengen banget bisa ikutan tadarusan kaya orang lain. Bukan karena bagus atau enggak bagus baca al-quran, tapi mau apa enggak. Kebanyakan malu jadi enggak ikutan. Padahal mah pengen banget. Sedih :(

Semoga puasaku berkah ya Alloh. Aku sadar belum bisa maksimal ngejalaninya. Masih ada sisa waktu dua minggu lagi buat memperbaiki kekurangan. Semoga muncul kesadaran dan tekad untuk semangat ibadah. Aamiin!

Sekarang kesibukanku di band jadi bercabang, soalnya ada lagi satu band diluar Jhard yang aku kerjakan, namanya Jingga Kids. Karena beberapa kali pernah ketemu di acara festival, akhirnya jadi kenal. Sejak akhir tahun 2014 sampe awal 2016 aku kenal mereka cuma di facebook aja, dan ternyata perkenalan itu berujung ketemuan langsung. Beberapa bulan yang lalu aku ke rumah gitarisnya yang sekarang masih sekolah smp kelas 8. Ada kabar gak baik di band itu, tiga dari lima personilnya memutuskan resign dari band yang udah kompak itu. Udah pernah jadi juara di festival-festival di beberapa tempat. Udah kompak, sayang banget pokoknya. Tapi ya mau gimana lagi kalo udah jadi keinginan mereka sendiri. Yang keluar itu pemain bass, keyoard sama vokalisnya. Padahal kalo menurut aku sih mereka itu berperan penting banget di band itu. Setelah mereka keluar jadinya band itu gak jelas bentuknya. Terpaksa harus nyari lagi pengganti kalo masih mau lanjut ngeband. Tersisa gitaris dan drummer yang kebetulan masih sekolah smp. Faliq, smp kelas 7 dan Raga, smp kelas 8. Skillnya udah bagus, soalnya di direct langsung sama bapaknya Raga, om Putut; gitaris dari musisi senior Doel Sumbang.

Jingga Kids di Festival Citylink

Sadly, formasi yang udah solid itu kacau, dan dimasa transisi itu perlu adanya orang-orang yang bisa mem-backup sementara waktu. Secara kebetulan, peranku jadi mengisi kekosongan di posisi bass Jingga Kids. Band yang punya influence genre classic rock ini biasanya meng-cover lagu-lagu band jadul macam Deep Purple, GnR, Bon Jovi, Jimi Hendrix, ACDC, Gary Moore, dll. Setelah kenal beberapa bulan dan udah pernah latihan di studionya beberapa kali, untuk pertama kalinya, aku manggung sama mereka. Tempatnya di acara pensi SMAN 1 Katapang. Meski ada tragedi yang memalukan karena vokalis sementara yang masih dalam uji coba itu gak menepati komitmennya untuk bisa manggung di hari itu. Udah ditelpon, bbm, akhirnya hapenya gak aktif. Ya sudahlah, show must go on dan... tanpa adanya vokalis. Tapi kemudian om Putut punya inisiatif untuk ngisi vokalnya, "daripada enggak sama sekali" katanya. Rencana sebelumnya mau bawain 3 sampe 5 lagu tapi dengan keadaan begitu akhirnya cuma dua lagu, itupun yang satu lagu diisi sama minus one guitar performance dari Raga. Lagu kedua, lagunya Edane yang judulnya Ikuti. Show must go on, untuk pertama kalinya gabung dan ngalamin hal yang gak asik. Tapi harus tetep optimis ngeliat banyak potensi disini. Berjuang, bertahan dan bersyukur.