December 9, 2011

Waktu

Hari demi hari waktu terus berjalan, dan sekarang gue baru sadar kalo ternyata waktu bukannya berjalan tapi lari. Orang lain yang pernah satu kelas waktu SMA sekarang satu per satu get married. Minat? enggak juga. Dengan alih-alih udah terikat sama projek pembuatan clip dan semua yang dikabarkan akan ngebuat gue sibuk nanti - sekarang tiap hari jadinya gue cuma diem gak jelas.

Beberapa hari ke belakang gue sharing ke seseorang tentang semua hal yang terjadi secara cepat pada gue dan band yang secara cepat mencair dikehidupan gue. Intinya dia cuma bilang - "Jangan terlalu dapat materi dari musik. Kalo mau ngeband dipikiran jangan money oriented, nanti jadinya kecewa kalo gak dibayar.

Jadi musisi harus enjoy. Dasarnya kita harus punya sikap ikhlas. Ibaratnya kita itu sebagai entertainer kan ngehibur orang lain jadi pastiin perasaan itu ada, sikap ikhlas." Emang siapa juga yang money oriented, gak gitu juga sih maksudnya.

Tiap orang emang beda persepsi, termasuk dia. Ternyata kehidupan tiap orang itu punya jalannya masing-masing yang gakan bisa orang lain tau. Kebanyakan orang yang sukses selalu cuek, dengan alur up down hidupnya, konteksnya dia pasrah, qona'ah dan menerima keadaan dengan tidak banyak grumbling (anjing, kok gue gini).

Mereka mungkin gak selalu mikirin masalahnya. Pikirannya selalu keliatan bebas banget. "Masalah adalah teman dan itu biasa. Harus dengan cara lembut untuk nyari solusinya. Jadi nikmati aja masalah itu, toh semua juga punya masalah".

Mungkin gue khawatir dengan gambaran tentang hidup gue hari ini dan untuk selanjutnya. Bisa dibilang gue gak punya banyak skill yang baik untuk kerjaan yang gue cap konvensional. Padahal masih banyak juga temen-temen yang ada tapi gue gak peka dan gak ngerasa kalo mereka akan care.

Orangtua gue sekarang udah mulai ngepress. Mereka udah bosen ngeliat gue tiap hari ada di rumah, gak ngapa-ngapain, gak ngasilin duit. Kata sabar udah gak cocok lagi untuk jadi kambing hitam. Bukannya salah apa-apa, tapi diem itu dimana-mana udah pasti gak akan produktif. Mana ada rezeki datang ke orang yang gak ngasih kontribusi apapun. Nunggu dikasihani, rasanya gue jadi mirip gembel. Pengangguran yang sehat! Pengangguran intelektual yang kesandung idealisme.

Apa yang mesti gue lakuin? Udah bosen ngebaca ribuan quote. Ada banyak jalan menuju roma tapi gue gak butuh semua nasehat itu - gue butuh solusi. Ortu gue emang gak apatis dan gak layak dituding sebagai penyebab kejadian ini. Mereka selalu ngasih saran untuk begini-begitu tapi gue juga yang selalu gak siap, lebih pasnya nato.

Gue percaya keajaiban itu bisa ada. Disaat keadaan gue rapuh kaya gini, bisa aja sih tiba-tiba ada solusi. Mungkin salah gue karena terlalu fokus ke musik dan paradigma musisi terkenal. Gue gak punya partner yang bisa diajak kerjasama dalam bidang lain. Hidup gue cuma sendirian.

Temen-temen deket gue sekarang tinggal di luar kota dengan kehidupannya barunya masing-masing. I am lost, no more ideas.

No comments: