February 7, 2011

Lebay/Alay Attack

Seharian ini gue cuma duduk-duduk, nonton tv, tiduran, sholat dan makan. Emang ngebetein tapi lebih baik sih daripada kerja, hehe. Kemarin malam gue sakit keras. Semua bagian tubuh pegel-pegel, kepala pusing banget, gue masuk angin gara-gara begadang sama si pajar malam kemarinnya.

Gue lagi penasaran, think about LOVE
Banyak orang baru-baru ini nganggap kata cinta itu identik dengan lebay (baca; norak, cengeng, banci, jijik, kampungan, enggak banget, dkk deh), padahal enggak terlalu juga sih. Mungkin karena muncul kata lebay itu sendiri yang ngebuat cinta yang tadinya aman-aman aja (ya boleh dibilang romantis) jadi terkesan dan cocok diberi predikat LEBAY. Kata-kata lebay, gaya rambut lebay, pakean lebay, intonasi suara lebay, lirik lagu lebay, wajah lebay, dan banyak lebay-lebay yang lainnya.

Gue sendiri suka ngaca, apa gue termasuk lebay? Jawabannya "Ya" gue kadang emang lebay tapi enggak parah banget, hahahaha. Termasuk mungkin tulisan ini. Bagi orang yang kontra sama gue pasti semua yang gue tulis dianggapnya lebay. Lebay bisa diartiin berlebihan atau mungkin norak dan aneh. Berikut beberapa ciri-ciri orang lebay yang gue tahu:

1. Bahasanya berlebihan, gak sesuai sama apa yang lagi diomongin.
2. Kalo bersikap, kayak orang dewasa dalam tubuh anak kecil 12 taunan.
3. Cara bicara sok dewasa.
4. Tingkah laku berlebihan.
5. Maniac pada sesuatu yang diidolakannya (kayak sinetron, artis, band)
6. Kelewat pede membanggakan dirinya atau orang lain yang disukai.
7. Suka pamer kalau punya barang baru.
8. Kalau dikatain langsung marah, terus caper ke yang lain.
9. Cari perhatian kalo gak lagi diperhatiin dengan cara gak wajar (teriak, mainin rambut)
10. Norak/alay banget didepan umum, kayak teriak-teriak di mall.
11. Foto-foto di toilet bioskop sampe manyun-manyun gak karuan, kalo terlalu narsis
lagi boker juga bisa narsis (hahaha!)

Salah satu sahabat gue enggak suka banget lagu indonesia terutama genre pop. Di playlist netbook atau hapenya kebanyakan lagu barat dan mandarin. Dia bilang lagu indonesia norak banget, lebay. Sama kaya gue, meski gue warga negara indonesia tapi gue enggak suka sama lagu-lagu indonesia. Eit, maaf nih, maksudnya lagu-lagu pop sekarang yang kedengarannya berlebihan/lebay banget dalam pembuatan lirik atau juga dalam hal style-nya. Gue suka gak nyaman kalo denger lirik yang pake kata-kata "cinta sampai mati", "sepanjang sisa umurku", "kutunggu kau di surga", "aku rela mati demi cinta kita" Mungkin gue terlalu picik, pikiran gue terlalu sempit. Gue ngerti, mungkin gue belum pernah ngerasain cinta sejati. Yang bikin lirik-lirik tadi pasti juga mikir.

Gue cuma nganggap semua itu ngaco, padahal bisa aja.. maybe. Ungkapan perasaan pembuat lirik yang "edan" terus kesananya ditambahin kata-kata bermajas bisa aja jadi kaya lebay. Emang bener juga sih dunia seni musik sama aja kaya sastra, seni nulis dan banyak lagi. Jadi kekuatan lirik sangat penting. Tapi gak segitunya juga kali sampe gue gak betah ngupinginnya juga, dasar lebay. Band atau penyanyi sekarang kebanyakan satu album full bertemakan tentang cinta, sisanya perselingkuhan.

1 comment:

Unknown said...

kaloe aku lebay gak yah....