March 11, 2012

Celoteh Malam Senin

Kehidupan malam yang begitu panas dan menyeramkan kini aku tahu. Itu sangatlah tidak baik.

Sepulang dari acara wedding di Cimahi, di jalan aku bertemu segerombolan bermotor para Bobotoh Persib (viking) yang sangat-sangat fanatik dengan tim sepakbola asal Bandung itu. Malam ini permainan Persib ditahan imbang 1-1 dari Persela Lamongan. Mereka (viking) ngamuk di jalanan. Anarkis pada pengguna jalan lain dengan memutar-mutar syal atau kain bendera yang diikat dengan bandul besi dan mengarahkannya ke kendaraan lain. Dalam kasus ini aku melihat secara jelas mereka memukulkan benda itu pada mobil yang sedang melaju. Aku bingung, memang apa salah pengguna mobil itu? Mereka tidak tahu apa-apa tapi oknum viking itu memukulnya.

Apa yang sebenarnya terjadi dengan peradaban remaja jaman sekarang? Apa sudah tidak ada lagi moral yang baik, yang bisa membuat dunia ini tambah baik?! Apa kehidupan ini hanya tempat untuk orang-orang perusak dan tidak berguna macam mereka. Mereka sangat tidak bertanggung jawab dengan kelakukannya. Hanya bisa kabur, mengadu pada atasan dan menuding pada pihak lain.

Aku tidak bangga jadi warga Indonesia, khususnya kota Bandung yang dipenuhi oleh orang-orang yang kurang mengerti tentang makna sebuah hal. Mereka dibutakan oleh sesuatu yang salah penafsiran. Salah dari awal menjadikan salah seterusnya. Ini bukti dari kurangnya ilmu yang mereka punyai.

No comments: