September 16, 2012

Gitar

Cordoba GK Studio Nylon String Acoustic/Electric Guitar (Includes Gig Bag)

AWESOME GUITAR !!!




Setelah berjalan lamaaaaa banget, akhirnya gue ngalamin rasa kangen yang begitu besar terhadap sosok gitar. Asal lo tau aja, katanya gue itu seorang gitaris, notabene pernah-lah manggung ngeband atau hal-hal yang agak-agak mirip dengan begituan. Tapi sampe saat ini gue gak pernah serius untuk punya gitar sendiri yang milik gue banget dan bagus. Gue selalu ngandelin gitar pinjeman dari temen yang gitarnya suka nyasar ke rumah gue gara-gara sikap kakak gue yang familiar sama tetangga-tetangga gue (sikap yang sangat berlawanan dengan yang gue punya; anti sosial *i guess*)

Gue bisa bilang, terakhir gue punya gitar itu waktu gue lagi kelas dua SMA. Gitar itu udah tua banget. Mereknya Genta, itu merek gitar lokal buatan Cibiru-Bandung. Gue masih inget, gue beli gitar itu seharga 45 ribu rupiah, ya namanya juga gitar bekas. Keliatan banget ya, gak modal banget gue! Gitar itu sebenernya jelek banget. Setelah gue beli dan kebetulan waktu itu lagi ada sepupu gue yang kerjaannya dibidang spesialis painter meubel. Terus gitar itu yang tadinya burik berubah jadi hijau metalik. Emang sih jadi kelihatan agak lebih baik, tapi suaranya jadi agak berubah gitu. Mungkin lapisan gitarnya jadi terlalu tebel karena lapisan dempul dan cat air brush. Waktu kelas dua SMA, gue mutusin ngejual gitar itu... Ah! Dijual? Gitar murah gitu dijual lagi? Gue sendiri sekarang jadi mikir lagi, kenapa itu dijual? Dijual berapa, gue udah lupa. Hahahahaha.

Sempet ada pikiran jenuh dengan kebiasaan yang gak kunjung ada hasil yang memuaskan. Maen gitar terus tiap hari tanpa ada tujuan yang jelas yang menjurus pada target yang mantap. Hanya sekedar hiburan sejenak dan kemudian bosan lagi. Untuk beberapa waktu, gue sering ngalamin rasa datar terhadap permainan solo gitar gue yang kalo disimpulkan gak ada perkembangan. Terutama gue gak belajar secara formal tentang gitar, cuma belajar otodidak dan palingan nyontek sedikit-sedikit dari temen-temen gue yang ilmunya lebih dari gue. Malah lebih banyak belajar tentang wawasan musik secara universalnya, tentang nama-nama gitaris terkenal, teknik yang rumit, lagu-lagu barat, dan banyak direktori-direktori musik lainnya yang gue ulik tanpa belajar lebih dalam tentang praktek gitarnya itu sendiri. Jadinya pincang gini, porsinya gak terpenuhi secara ideal.

Awal mula gue gak punya gitar, anehnya gue masih bisa maen gitar terus walau bukan gitar gue. Emang bener peribahasa sunda yang bilang "elmu mah teu beurat mamawa". Dengan modal sedikit skill gitar, gue terus belajar dari satu teman ke teman yang lain dengan gitar mereka. Karena temen gue waktu itu banyak yang gitaris juga, jadinya gak susah kalo mau sharing gitar. Kadang gue juga suka pinjem gitar temen gue sampe berminggu-minggu.

Waktu bikin band Devonier di permulaan tahun 2011, gue masih belum punya gitar. Beberapa bulan setelahnya, band itu bubar dan gue beralih ke Jhard untuk jadi pemain pembantu, ngisi kekosongan posisi gitar. Waktu itu pun gue masih belum punya gitar juga hahahahahahahaha. Malahan gue jadi ngerasa lebih dipermudah karena band itu punya studio sendiri. Lagi-lagi keliatan gak modalnya. Nah, setelah event tour Oktober 2011, aktifitas band jadi berkurang. Sampe hari ini masih tetep begitu, tapi katanya nanti bakal aktif lagi (sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan - LOL)

Tadi sekitar jam setengah delapan malam gue pulang dari kantor karena lapar banget. Kemarin sih nginep disana biar gak telat pas paginya kalo mau prepare berangkat. Pas udah pulang ke rumah, gue langsung makan, terus tiduran. Ternyata di rumah ada gitar (gitar tetangga) yang dipinjem kakak gue entah sejak kapan. Gue ambil gitar jelek itu, gue mainin beberapa chord, seneng banget. Eh gue serasa punya mainan yang bikin gue jadi orang yang spontan dan berkontemplasi secara serius, lol.

Kangen suasana itu. Chord maen gitar akustik yang gue ulik sendiri, di tengah malam yang sepi. Sejarah. Salah banget gue pernah mikir kalo gitar itu gak penting. Gak ada yang lebih penting selain hal yang udah pernah dikuasai sebelumnya, dan pernah ngebuat diri gue jadi bertahta. Pengalaman hidup yang gak akan bisa dibeli dengan uang: Perform disaat SMP dengan lagu muse, hysteria dan green day, american idiot.

Gue harus beli gitar sendiri, gitar yang bagus, yang akustik, karena kalo elektrik menurut gue gak menarik. Enggak tau kenapa gue jadi lebih condong ke bass dan permainan akustik daripada gitar/lead guitar. Gue suka musik akustik dan bossanova.






No comments: