November 16, 2010

Mistake on My Workplace

Begini rasanya kalo gak punya uang. Heu, cape deh. Apalagi kebutuhan banyak banget. Dua bulan saya gak di kasih honor. Kirain ini cara buat ngetes doang (orientasi), ternyata berlarut-larut. Kesel agh nunggunya juga. Malah lama-lama jadi gak inget tuh sama honor.. beuh. Ada pikiran melintas, rugi banget deh saya kerja disini. Ya kerjanya cape, banyak, seharian, belum dibayar lagi..huh lengkap cape deh.

Tapi kalo mau nyari kerjaan lain apa akan langsung keterima? Enggak tentu juga kan! Brrr

Disini saya itu 'beruntung'. Saya bisa masuk kantor ini tanpa persyaratan kaya orang lain yang mau ngelamar. Beberapa bulan yang lalu setelah dapet surat keterangan hasil ujian nasional (SKHUN) saya langsung masuk kerja disini. Caranya ga pake lamaran formal atau buat apalah, cuma dengan obrolan santai doang.. hihi. Keuntungan punya relasi orang-orang yang punya instansi ngebuat banyak kesempatan. Mau ga mau ya bertahan aja deh.

Kalo dipikir-pikir banyak keuntungannya dari kerja disini. Minimal bisa make komputer gratis tiap hari, nonton tv ga ada yang "rariweuh" minta chanel inilah-itulah. Argh.. kesel deh kalo nonton tv di rumah. Kantor juga bisa jadi tempat tinggal saya. Seharian kadang sampe 8-9 jam aktivitas di kantor. Lumayan lah suasana lebih kondusif dan lebih bersih.

Dari kemarin susah sangat dapet ide. Slalu aja muncul kalo sebelum tidur. Giliran didepan kompu malah blank ga bersisa. Gimana sih nih, padahal itu bagian-bagian penting yang mau saya tuangkan.

Ngeblok banget kalo udah ngeliat tulisan bikinan temen atau wartawan yang keren, jadinya minder deh ga pede. Semua yang ada malah kabur gara-gara kepengaruh tulisan tadi. Yang asalnya be myself jadi goyah, kurang yakin. Apa emang terlalu kepedean ya? Padahal kan orang ga tentu akan ngritik jelek.

Belajar dari pengalaman bahwa si aqu ini pernah jadi plagiat* ssst! Dan akhirnya jadi tau gimana rasanya ditegur sama yang punya. Malu? ya pasti. Lebih dari itu, saya jadi ga semangat buat apapun karena ga yakin kalo itu bagus. Mikirnya tuh cuma orang lain aja yang bagus, kaya orang yang dijiplak itu..

Setelah tau kalo dijiplak orang itu engga enak, saya memaksakan diri untuk engga plagiat* lagi, titik

Ditengah pikiran yang kacau gara-gara ga dapet inspirasi, pernah ada 'bisikan' kalo nulis itu ga perlu dipaksa-paksa biar ada, tapi harus pure kalo lagi ada ide. Yeh bener juga. Hal lain juga kalo dipaksain ga akan bener. Tapi tapi gimana tuh tugasnya para jurnalis yang harus dikejar-kejar sama deadline? Kadang harus bisa sehari setelah peliputan, kadang seminggu. Hebat banget mereka, emang udah jatahnya jadi jurnalis kali. Ada lah (?) seseorang yang ngaruh banget di saya. Dia jurnalis. Seminggu bisa bikin beberapa hasil laporan, super cool deh! Engga tanggung-tanggung, kalo nulis tuh panjang amat. Semua kalimat, kata dan istilah-istilah asing match banget buat dibaca. Dan pastinya ga lebay dong :D

No comments: