November 8, 2010

Abbey Road

 Abbey Road, The Beatles

Pada sampul Abbey Road terbitan tahun 1969 itu tampak personel Beatles tengah melintasi zebra cross di Abbey Road, tidak jauh dari studio rekaman Abbey Road di London. Diurutan paling depan ada John Lennon, sementara dibelakangnya ada Ringo Starr, Paul McCartney, dan George Horrison. Foto ini sangat terkenal hingga penggemar berat Beatles mencatat detail segala yang tampak dalam foto jepretan Iain Macmillan itu.

Catatan itu diantaranya; Paul McCartney bertelanjang kaki, sedangkan awak Beatles lain bersepatu. Pada jari tangan kanan Paul terselip rokok. Seluruh personel Beatles mengenakan jas rancangan Tommy Nutter kecuali George Harrison yang menggunakan blue jeans dan hem denim biru. Ada sosok lain yang terekan kamera. Di kaki lima sebelah kiri jalan ada kerumunan tiga orang berbaju putih yang kurang jelas identitasnya. Pada trotoar kanan jalan tampak berdiri seorang lelaki. Belakangan diketahui pria tersebut adalah Paul cole, seorang turis asal Amerika.

Data lain; deretan mobil yang tengah diparkir di Abbey Road, antara lain, sebuah van warna hitam milik polisi. Ada juga mobil VW kodok dengan nomor polisi LMW 281F. Foto untuk albumini sebenarnya diluar rancangan. Sementara album itu akan diberi judul Everest. Jadi, sampul akan bergambar Gunung Himalaya.

Hari itu adalah tanggal 8 Agustus 1969 pukul 11.30. Fotografer Macmillan hanya diberi waktu 8 menit dan ia hanya mengambil enam frame, dan hasilnya adalah sampul bersejarah :)

3 comments:

ciptanirmala said...

keyenz tuh sama kaya fotonya j-rocks... oya, follow nd komen balik yax! sankyuu...

eLFiRa aRisanti said...

wow

:)

jahaep said...

@ciptanirmala: trima kasih ya... eh btw justru jrock yang kaya the beatles. beatles kan tahun 1969..

@elfira: :) :)