February 14, 2012

Sebuah Perjalanan Hidup yang Penuh Warna dan Keringat Kegelisahan

Gue udah lama nyoba peruntungan dari maen musik. Ya maksudnya ngejalani hobi yang awalnya dari belajar-belajar dulu yang sekarang jadinya malah lebih dari itu. Hidup itu harus berkeputusan, jadi apa yang gue lakukan hari ini haruslah ada manfaatnya, atleast untuk gue sendiri biar masa depan gak terlalu suram amat. Sebagai pemusik *bisa dibilang gitu* gue pasti lah punya temen atau sebuah komunitas yang sama juga suka dibidang itu.

Beberapa orang yang juga punya keinginan, obsesi yang sama dalam bidang musik. Kita punya mimpi besar yang ingin segera terlaksana yaitu menjadi seseorang yang sangat hebat dalam hal musik. Bukan berkeinginan untuk nyoba jadi manusia yang angkuh tapi jadi manusia yang punya nilai guna, karena hidup di dunia ini untuk apa kalau hanya jadi sekedar sampah yang gak ada pengaruhnya sama sekali, that's it!

Beberapa taun semenjak gue belajar gitar dan cukup keliatan ada potensinya, gue berniat ngebuat band dan itu berhasil gue lakuin dalam beberapa taun aja. Dimulai pas gue masih sekolah SMP, SMA sampe gue sekarang ini. Beberapa band itu diantaranya Vulkanik band yang gue bentuk waktu lagi kelas dua smp barengan temen-temen sekelas gue dan beberapa lagi dari kelas lain di sekolah itu. Band ini beraliran pop, line up-nya: Aditya (Vocal), Mulya (vocal), Gue (Lead Guitar), Usep (Drum), Nandang (Bass), Dicky (Rhytm Guitar). Band ini pernah manggung satu kali pas waktu acara yang namanya Pagelaran -pensi sekolah.

Setelah setaun berproses dengan team ini, gue ketemu sama orang-orang baru yang belum pernah gue kenal sebelumnya. Mereka itu Nendy dan Arga. Setelah tau mereka, ternyata kita cukup solid dan mutusin buat nerusin band yang sebelumnya diisi sama orang-orang diatas yang udah gue sebutin namanya satu-satu. Kita rubah format jadi rock progresif. Nah, lagi-lagi band ini juga maennya di pensi sekolah. Gak bisa dipungkiri kalo perform di pensi adalah hal yang paling berkesan dihidup gue. Kenapa? karena itu waktu awal-awal banget gue baru belajar gitar dan langsung dipamerin ke orang banyak.

Band ini juga cuma berjalan satu taun dan akhirnya bubar tanpa ada keputusan. Beberapa taun kemudian gue gak ngeband lagi, sampe akhirnya ketemu temen di sma yang bisa maen musik. Soni, Rian, Usep (ex Vulkanik) sama si Aden, mereka ngajak gue buat ngebentuk band coz kita sering cocok kalo ngobrolin musik dan jadilah band baru yang namanya The River yang namanya diambil dari sebuah sungai yang emang kalo tiap kali kita mau latihan band selalu lewat sebuah sungai hahaha. Eh tapi alasan lainnya sih karena pernah kita ngulik satu lagu yang bagus banget *menurut kita* judulnya The River (good charlotte) dan saking seringnya muter lagu itu pas lagi bingung mikirin nama buat bandnya, dan jadilah the river yang dipilih hahaha konyol banget ya?

Band ini juga cuma berlangsung sesaat, mungkin gak sampe setaun lah coz beberapa bulan kemudian personil yang lain pada lulus sma dan kuliah, otomatis jadi long distance. Biasanya kalo udah kehalang sama masalah waktu dan tempat, sebuah band bakalan jadi kurang kompak dan jadi pecah. Ya dan emang setelah itu kita akhirnya bubar. Kalo menurut gue sih band ini kurang begitu berkesan hehehe, kayak gak ada yang memorable gitu hehe maaf ya.

Setaun yang lalu gue berniat buat nyatuin orang-orang yang gue liat sebagai potensi untuk jadi band baru. Merekanya juga setuju dan band hampir kebentuk tapi kurang vocalist. Namanaya udah dibuat, awalnya sih nama bandnya Vonier, terus D'Vonier, terus De Vonier dan akhirnya disatuin jadi Devonier hehe konyol ya cuma dikit-dikit aja hehe :) Setelah cukup lama sering nongkrong bareng, latihan bareng meski minus vocalist kita tetep ngejalani itu dengan nyaman. Gue pernah ngebahas tentang hal ini ya? dan itu mungkin udah basi banget.

Semenjak awal terbentuk pada bulan Maret 2011, Devonier hanya bisa bertahan sampe bulan Juli 2011. Situasi saat itu emang penuh dengan kekisruhan. Banyak banget cobaan-cobaan yang datang dalam grup ini. Di tengah situasi yang menggantung tanpa ada kejelasan, gue sempet-sempetnya nyuri-nyuri waktu buat maen ke band temen gue - Jhard.

Oke gue bahas lagi. Suatu waktu gue diajak maen ngeliat band itu latihan di basecampnya. Yang ngajak gue namanya Asep, bassistnya. Sekali, dua kali, tiga kali sampe tiap dua kali dalam seminggu gue jadi sering kesana untuk sekedar nongkrong atau sedikit nyoba-nyoba ngisi gitarnya. Waktu itu bandnya masih diisi sama Dery - lead guitarist, dan setelah kira-kira sebulan lebih semenjak gue sering maen kesana, Dery tiba-tiba resign dari Jhard. Mau gak mau Band itu jadi gak ada pengisi gitarnya satu. Padahal waktu itu udah ada rencana bakalan kerjasama bareng event organizer sebuah record label ngejalani tour ke tiga kota; Garut, Sukabumi, Cianjur.

Dalam keadaan yang terdesak deadline, sementara gue dipercaya sama kak Erick (sang menejer Jhard) sebagai additional guitarist dalam tur itu. Seiring waktu berjalan, orang-orang ngira kalo gue adalah gitaris barunya Jhard karena banyak foto-fotonya di facebook.

Disetiap perkumpulan pasti bakal ada perbedaan, gue juga bisa ngerasain itu di Devonier. Banyak faktor yang ngebikin gue resign waktu bulan juli taun lalu itu. Gue mungkin emang harus ngambil keputusan supaya masa depan gue gak ngerasa kayak robot yang dikontrol pihak lain. Gue gak suka cara kerja yang kayak gitu. Gue pengen atmosfir yang enjoy dan ngeband bukan berarti harus ngelakuin hal-hal kurang baik layaknya musisi jaman dulu.

Gue itu gak sama dan mungkin mereka juga gak sama dan pengen dihargai. Gue sih yang paling penting pengen dihargain karena gue pikir gue selalu ngerespect mereka. Wajar dong kalo gue ngerasa direndahin. Hampir setiap band selalu gue ngerasain rasanya bubar atau resign dan itu ngebuat gue heartbreak banget -gelisah, galau, gulanah :(

Dan... sekarang dengan semua pengalaman yang gue rasa masih sedikit itu gue pikir gue gak boleh nyerah. Gue kudu ngebentuk band lagi tapi yang lebih baik dari yang lalu. Mungkin perbedaan adalah warna kehidupan dan toleransi adalah sebuah keharusan dalam memenej proses itu supaya berjalan mulus sesuai keinginan kita bersama. Gue inget sebuah quote dari personil Rocket Rockers (ucay) dia bilang kalo "ngeband itu kayak pacaran. Perlu kesabaran, perjuangan dan pengorbanan. Kalo nyerah dan kapok ya susah deh. Kita harus bangkit lagi setelah sakit hati. Itu sebuah keharusan kalo lo pengen ngejar semua obsesi itu". Oke gue cukup mikirin tentang konsep dan hal-hal lainnya, tinggal sekarang nyari relasi yang bisa diajak kerjasama buat ngemajuin band ini.

Sekarang setelah Devonier, gue berencana ngebentuk band yang baru lagi. Tiga dari Devonier masih jadi penggeraknya dan yang lainnya gue ambil dari luar. Dua orang itu, Abie sama Sendi masih tinggal di luar kota buat kerja tapi sebentar lagi mereka bakalan balik lagi ke Bandung. Kita cuma bisa telponan sama smsan aja. Beberapa hari yang lalu gue ngajak seorang teman yang dulu pernah seband juga waktu smp, Nendy (ex Vulkanik). Gue ajak dia untuk jadi vocalist di band baru gue yang namanya belum ada hehehe. Ada usul gak yang bagus namanya apa?

Semoga Tuhan ngasih jalan terbaik buat band ini. Gue harap kebiasaan-kebiasaan buruk dari mereka itu bakalan distop. Tentang itu gue mungkin sedikit-banyak bakal masih ngeliat tapi ya sedikit toleransi, tapi bagusnya sih gue pengen itu semua dihapuskan! Kita clear aja dan bekerja, belajar dan berproses sewajarnya dengan semangat.

No comments: