September 15, 2009

Ramadhan yang Berkesan (alhamdulillah)

Selamat pagi dunia..! Sekarang ini udah Lebaran, udah beres deh puasa kita di bulan ramadhan. Tentunya udah selesai bagi yang tamat dong, tapi kalo yang ada bolong-bolongnya, teman-teman berarti kudu meng-qodonya dan itu adalah hutang. Emh seneng banget deh pokonya.

Bersyukur banget pastinya bagi yang tamat ngejalanin puasa satu bulan ini dengan susah-payah dan penuh godaan. Enggak tanggung-tanggung, godaan silih berganti, mulai dari orang-orang di rumah, temen-temen di sekolah dan juga para tetangga selalu saja ngebuat emosi kita kepancing.

Nah, selain godaan yang bersifat emosional kaya gitu, ada juga nih godaan yang sulit juga ditahannya, yaitu lapar dan haus. Setiap hari dalam bulan Ramadhan, kita menjalankan rutinitas yang dimulai dari makan sahur, nahan lapar dan haus seharian, terus buka, sholat berjamaah di masjid (Subuh, Maghrib, Isya), sholat malam, dzikir, dan lainnya, tapi akhirnya semua terbayarkan dengan kepuasan yang tak ternilai harganya. Kalo aku masih inget waktu mau sahur meskipun bangun susahnya minta ampun dan pas bangun juga sedikit makan sahurnya, tapi aku rada takut juga, tapi akhirnya jadi juga sahurnya.

Ramadhan sungguh bulan restorasi ya..? Maksudnya restorasi adalah bulan suci ramadhan bisa disebut sebagai bulan perbaikan dan penggubahan diri dari yang awalnya kurang baik menjadi baik. Di bulan yang super ini aku ngerasa bersyukur banget. Dzikir, sholat, perasaan dan bahasan tentang islam selalu ada di perasaan aku. Rasanya enggak mau deh ninggalin semua ibadah kalo lagi sadar banget kaya sekarang.

Biasanya kalo lagi disibukin atau kebawa pengaruh orang lain, aku suka enggak begitu disiplin sama sholat, tapi sekarang jadi disiplin dan suka nge-efesien-in waktu dan uang. Kalo yang dianggap enggak terlalu penting, enggak perlu dikeluarin lah uang itu (jadi lebih selektif). Pokonya bulan Ramadhan menyisakan banyak hal berharga dihidupku dan semoga kita semua (pembaca) dapat menjalankan puasa untuk tahun selanjutnya dan selanjutnya lagi.

No comments: