May 11, 2012

Conclusion -tentang band

Pikiran gue emang bener-bener lagi payah nih. Sering banget ngerasa kaya orang kebingungan. 7 tahun yang lalu gue bikin band, sejak saat itu gue jadi terus main band sampe sekarang walau emang pernah ada waktu vacuumnya juga. Sekarang semua temen yang dulunya seband bareng gue gak tau ada dimana dan lagi ngapain, semuanya jadi jauh. Gak tau juga apa mereka konsisten ngeband atau enggak. Flashback...

Sekarang setelah waktu udah cukup lama, pemilihan soal genre jadi hal yang sangat krusial banget buat gue. Itu tuh penting. Kita itu butuh konsep awal dulu sebelum starting. Akhirnya setelah gue bikin band sama kakak gue dan temen yang lain, genrenya gak terlalu gue suka. Pernah ada pikiran kalo musik yang diminati anak-anak muda itu adalah band yang keras atau yang agak keras, misalnya metal, hard rock, post-core, screamo dsb. Tapi kenyataannya gak gitu juga. Gak semua musik metal itu bagus dan gak semua orang berpikiran sama kaya gue. Mungkin karena gara-gara pengaruh musik sekarang yang ngebuat pikiran gue jadi lebih ke arah musik progresif.

Dilain sisi, musik pop juga bagus. Sebenernya sih tergantung pembawaannya. Kalo bagus ya bagus. Mungkin gue pernah ada ide musik metal, itu karena biar gue jadi gak terlalu terexplor publik hihihi. Biasanya kan di band keras, identitas personilnya agak misterius atau tertutup. Waduuhh kalo dipikir-pikir sih gak akan ada habisnya ngebahas plus-minus dari setiap genre. Yang paling penting itu harus punya patokan dan kenyamanan. Gak boleh latah. Ada musik metal lagi tren, ikuuut. Ada pop mulai naik, ngikuuut. Haha sebenernya sih gak boleh gitu. Harus punya sikap yang konsisten.

Main pop juga keren asal gak norak musiknya. Harus yang banyak explorasi dan experimen di aransemennya. Tapi, menurut gue sih susah. Tapi kayanya gue harus coba deh daripada cuma omdo. Pas ngeliat video klip ini (yang ada gitasav-nya -jadi model), feel gue ke pop bangkit lagi. Musik pop gak sebegitu buruknya. Keeping the choice. . . . . :D


No comments: