October 16, 2012

Dibuang Sayang - The Untold Story Behind Tour D'Java

Hari ini gue buat double post.

Cerita absurd dibalik perjalanan Tour D'Java Oktober 2011 ke tiga kota bersama Trinalars.
Sorry, mungkin ini telat, harusnya ditulis waktu dulu. Hehe..


Perjalanan itu udah dikonsep sejak sebulan sebelumnya. Saat gue baru tau tentang rencana itu, gue langsung mikir gue harus bisa ikut sama mereka. Kebetulan juga waktu itu si Dery yang sebelumnya lead guitar Jhard ngundurin diri. Gue langsung nabung sejak tau rencana itu.

Orang-orang yang ikut diantaranya Kak Erik selaku manager band juga supir waktu itu, hehe, thanks berat ya Kak udah berjasa banget buat kita semua :) Terus Gue sendiri, Asep bass, Halvi guitar, Jimmy vocal, Riyan drum dan Tatank sebagai kru yang setia dijadiin back up dan official disetiap kesempatan, hahaha.

Saat perjalanan dari Garut menuju Sukabumi, Riyan sang drummer mabok abis-abisan di mobil sampe pucat banget, hahaha. Nah sebelum dia itu gue yang mabok duluan, waktu perjalanan dari Ciwidey menuju Garut. Tapi kalo dilihat secara intensitas muntahnya kayaknya lebih parah si Riyan deh, coz dia sampe lemes banget dan kasihan banget deh, hohoho. Bahagia diatas penderitaan orang lain.

Sebelum menuju Garut, kita nyempetin untuk istirahat,  dan makan siang ditengah perjalanan, tepatnya di sekitar daerah Majalaya di sebuah rel kereta api. Siang itu panas banget. Semua keluar dari mobil dan ada yang buka baju segala saking gerahnya. Saat pengambilan gambar di rel kereta itu, gue gak nyangka bakal diajak berpose narsis bareng mereka, eh ternyata diajak. Entah kenapa gue waktu itu serasa kurang pede untuk bisa bareng sama Jhard padahal mereka itu temen-temen deket gue semua. Mungkin karena gue lebih ngerasa predikat additional player adalah yang gue sandang.

Setelah sampe di Bukit Alamanda Resort di Garut, kita istirahat sejenak dan lihat-lihat situasi sekitar. Pengalaman pertama banget buat kita berlima bisa pergi ke kota lain untuk perform band. Sebelum giliran tampil, ada banyak band yang udah ngantri duluan di rundown acara itu. Seinget gue, kita tiba disana sekitar sore-an deh, mungkin jam 4 sore, dan tampil diwaktu setelah Sholat Magrib. Yang paling berkesan di panggung itu adalah penampilan band Satu Visi, Zvoo, Rikhie Asbo dan lain-lain. Di kota kedua dan ketiga juga gak jauh dari band-band itu, ya karena mereka juga ikut satu rombongan juga, tapi mereka ikutnya bareng bus Trinalars.

Hal yang bikin nervous dan malu-maluin, terutama buat gue sendiri adalah...
- Waktu tampil di Ramayana Cianjur, pick gitar gue ilang entah kemana. Terus gue bingung mau pake apa, soalnya yang lain juga gak bawa cadangan. Akhirnya gue disaranin si As untuk pake kartu seluler 3 gue. What the hell, hal yang maksain banged dan bikin malu.

- Pas mau tampil di Garut emang udah disediain effect gitar satu, dan yang satunya lagi kita bawa sendiri. Nah, waktu di Sukabumi dan Cianjur giliran panggungnya gak nyediain effect, jadinya kita pontang-panting nyari effect pinjeman. Wajar aja sih waktu itu masih newbie dan serba keteteran, kurang prepare peralatan, apalagi perlengkapan yang terbaik.

- Pas di Ramayana Cianjur juga ada kesalahan fatal yang sampe saat ini masih gue inget. Hal itu pasti diinget juga sama temen pesbukan gue sekarang hahaha. Dia akhirnya jadi deket sama gue semenjak kekonyolan itu. Denny Gurnita, gitarisnya Rikhie Asbo. Waktu gue tampil dengan peralatan (effect) yang dipinjem dari dia, sontak gue jadi salting dan super grogi karena dia berdiri di samping gue - di samping kanan panggung dan itu deket banget. Mungkin dia pengen mastiin kalo gue akan bisa mainin effect-nya -___-"

Performance gue secara keseluruhan adalah - BAD. Gue jadi biang keladi kegagalan itu karena kegrogian gue. Tapi kegagalan yang gue alamin nyatanya bisa jadi bahan pertimbangan buat semua pihak. Setelah dirembukin, kita semua akhirnya bikin resolusi di segala aspek. Kita tunggu aja penampilan baru Jhard dengan perbaikan-perbaikan itu.



No comments: