April 28, 2012

Attitude Dalam Bermusik Itu Penting


Apa yang disebut Attitude dalam bermusik itu bermakna sangat kompleks. Di dunia ini banyak orang yang punya niat serius dalam bermusik dan berharap bisa sukses dengan mendapatkan materi serta kepuasan dari bidang yang disukainya itu. That's right. Skill itu ibaratnya gampang dipelajari. Jadi seniman emang perlu skill atau mungkin bakat dan juga dukungan dari lingkungan yang memungkinkan orang itu bisa jadi terjerumus pada bidang musik. Tapi disisi lain, yang namanya attitude itu juga penting. Maksudnya adalah attitude sebagai musisi yang profesional dan gak over atau lower. Mungkin hal yang gue lagi pikirin ini gak sebegitu jelas pengertiannya buat kalian. Ini adalah sesuatu yang lagi gue pikirin.

Ada banyak temen gue yang punya bakat nyanyi atau main gitar. Secara skill individu, dia itu bisa dibilang jago. Tapi pertanyaannya kenapa sampai saat ini dia gak punya band yang konsisten dan serius? Ya.. bisa saja karena sikap dia mempengaruhi kenyamanan bersosial dalam grupnya atau mungkin juga karena yang lain, maybe. Sikap ini bisa dibilang profesional dengan artian tetep humble walau udah bisa nyampe titik atas dalam karirnya. Selain humble bisa juga berarti gak males atau tetep belajar padahal udah cukup pinter.

Idealisme. Dalam bermusik pemikiran idealistis itu perlu. Lebih baik punya patokan daripada terlalu ikut-ikutan dan mudah terpengaruh. Emang kadang ide itu bisa terlihat aneh atau norak karena beda dari hal-hal yang sebelumnya pernah ada. Kadang ide yang dibikin atas dominasi ego dari seseorang ngejadiin pro dan kontra. Dan setiap pemikiran yang keluar dari tiap otak manusia gak akan sama. Mereka akan cukup sulit digoyahkan. Tapi kalo orangnya open mind, itu lebih bagus. Idealis tapi tetep nerima aspirasi temen, daripada idealis yang bener-bener pure dan susah banget diajak kerjasama.

No comments: