July 10, 2014

Today's Issue

Sekarang di sosial media lagi rame ngebahas Palestina yang diserang Israel. Kemarin-kemarin yang ngetren itu Pilpres sama World Cup. Tapi gapapa lah, minimal orang Indonesia itu update.

Sebenernya semua orang itu banyak yang kurang tau tentang apa yang terjadi dan kenapa konflik itu terus belanjut. Sejarahnya panjang banget. Intinya orang Yahudi itu adalah orang-orang yang terusir. Dulunya dideportasi dari Jerman, makanya sekarang terus nyerobot tanah Palestina. Awalnya mereka sebagian besar di Eropa, tapi waktu itu ada peristiwa yang namanya Holocaust. Holocaust adalah genosida terhadap kira-kira enam juta penganut Yahudi Eropa selama Perang Dunia II, suatu program pembunuhan sistematis yang didukung oleh negara Jerman Nazi, dipimpin oleh Adolf Hitler, dan berlangsung di seluruh wilayah yang dikuasai oleh Nazi. (wikipedia)




- Alasan Hitler Membantai Kaum Yahudi

Seringkali, tabiat, perilaku dan juga pendirian seseorang terbentuk dari hasil pengalaman masa lalunya. Semasa kecil Hitler adalah seorang anak yang tertolak, ayahnya sangat membencinya dan menganggap perilakunya yang "antisosial" itu adalah sebuah kutukan. Adi (nama kecil Adolf Hitler) dilahirkan pada tanggal 20 April 1889 di sebuah kota kecil di Austria dekat perbatasan Jerman. Ayahnya adalah seorang yang keras dalam mendidik anak sedangkan ibunya sangat baik kepadanya. Ibunya adalah salah satu dari sedikit orang yang benar-benar disayangi oleh Hitler. Ibunya sangat percaya bahwa anaknya adalah seorang yang jenius, dan selalu menganggap anaknya normal, walaupun sejak kecil sudah menunjukkan gejala destruktif dan antisosial.


Umur 18 tahun, Hitler sudah menjadi seorang yatim piatu setelah ibunya meninggal dunia sedangkan ayahnya sudah meninggal terlebih dulu sebelumnya. Masa kecil yang diliputi dengan kebencian dan "abusement'" dari ayahnya ini memberikan andil besar dalam mental dan kejiwaan Hitler. "Bisa saja saya memusnahkan semua Yahudi di dunia, tapi saya sisakan sedikit saja yang hidup. Agar kamu tahu mengapa alasan saya membunuh mereka" ucap Hitler.

Dari sembilan juta Yahudi yang tinggal di Eropa sebelum Holocaust, sekitar dua pertiganya tewas. Secara khusus, lebih dari satu juta anak Yahudi tewas dalam Holocaust, serta kira-kira dua juta wanita Yahudi dan tiga juta pria Yahudi. (wikipedia)

Beberapa pakar berpendapat bahwa definisi Holocaust harus meliputi pula genosida Nazi terhadap jutaan orang dalam kelompok lain selain Yahudi, di antaranya orang Rom, komunis, tawanan perang Soviet, warga Polandiadan Soviet, homoseksual, orang cacat, Saksi Yehuwa danmusuh politik dan keagamaan lainnya, yang menjadi korban terlepas apakah mereka berasal dari etnis Jerman atau bukan. Ini adalah definisi yang paling umum digunakan sejak akhir Perang Dunia II hingga tahun 1960-an. Jika menggunakan definisi ini, maka jumlah keseluruhan korban Holocaust adalah 11 hingga 17 juta jiwa. (wikipedia)



Kuburan massal korban Holocaust di kamp konsentrasi Bergen-Belsen, di foto oleh seorang tentara Inggris setelah pembebasan kamp itu pada bulan April 1945.


Setelah menginvasi Polandia, Nazi mendirikan ghetto sebagai tempat bagi orang-orang Yahudi dan Romani "dipenjarakan" sebelum mereka dikirim ke kamp-kamp pemusnahan. Proses pertama yang diketahui dalam pendirian ghetto-ghetto ini berasal dari surat bertanggal 29 September 1939 dari Heydrich kepada kepala Einsatzgruppen. Masing-masing ghetto dijalankan oleh Judenrat (dewan Yahudi) Jerman sebagai pemimpin komunitas Yahudi, yang bertanggung jawab untuk mengelola aktivitas di ghetto sehari-hari, termasuk distribusi makanan, air, pemanas, obat-obatan, dan tempat tinggal. Strategi dasar yang dianut oleh dewan Yahudi dalam mengelola ghetto salah satunya adalah dengan mencoba untuk meminimalkan kerugian, terutama dengan bekerja sama dengan pihak berwenang Nazi (atau penggantinya), meskipun fasilitas yang diberikan sangat mengerikan. (wikipedia)

-----

Salahnya itu, Hitler waktu itu gak ngabisin mereka sampe tuntas, tapi malah dikirim ke negara-negara jajahan koloni lain, kayak Madagaskar sama Palestina yang memang itu jajahan dari Britania Raya alias Inggris, tepatnya tahun 1933. Nah, selain Palestina, orang-orang Yahudi juga nyari tempat baru lain, salah satunya adalah benua Amerika. Makanya gak heran kalo di Amerika emang banyak banget orang-orang Yahudi.

Jadi intinya, Israel itu bukan negara, tapi karena mereka dideportasi dari Eropa oleh Jerman dan di Palestina mungkin dulunya masih jarang penduduknya, makanya mereka menetap permanen. Sekitar 6000 orang Yahudi jadi mengokupasi Palestina dari waktu ke waktu. Jumlah merekapun makin nambah, berketurunan dan merajalela. Menjajah, merampas dan menyerang masyarakat Palestina supaya keluar dari tempatnya. Tapi rakyat Palestina keukeuh gak mau nyerah. Tanah tempat kelahiran mereka adalah tanah wakaf yang sejak dulu mereka diami. Israel ingin memperluas wilayahnya untuk membuat perumahan khusus Yahudi.

Dibawah ini adalah foto waktu Kapal SS Exodus yang mengangkut sekitar 4500 Yahudi Jerman tiba di Palestina.




Pada awal tahun 1922, Hitler mengatakan kepada wartawan Mayor Joseph Hell bahwa:
"Setelah saya berkuasa, tugas saya yang pertama dan terutama sekali adalah memusnahkan orang Yahudi. Saya akan membangun tiang gantungan di Munich, kemudian orang-orang Yahudi akan digantung tanpa pandang bulu, dan mereka akan tetap digantung sampai mereka membusuk, dan lalu kota-kota lain akan menyusul, sampai keseluruhan Jerman telah benar-benar bersih dari orang-orang Yahudi." (wikipedia)



Heinrich Himmler, "arsitek" utama Holocaust.


Pada bulan Oktober 1943, Himmler memberikan pidato kepada pejabat senior Partai Nazi yang berkumpul di Posen (sekarang Poznań, Polandia Barat). Dalam pidato ini, Himmler secara eksplisit menyatakan bahwa ia bermaksud untuk membasmi orang Yahudi dari Eropa:

"Saya disini dalam pertemuan ini untuk berpidato mengenai permasalahan yang kita, kawan-kawan partai saya, hadapi, permasalahan tersulit dalam hidup saya, permasalahan Yahudi... Kita menghadapi permasalahan: bagaimana dengan para wanita dan anak-anak? Saya telah memecahkan persoalan ini bahkan dengan solusi yang benar-benar jelas. Saya tidak menganggap tindakan saya untuk memusnahkan para pria bisa dibenarkan, namun membiarkan para penuntut balas dalam sosok anak-anak untuk tumbuh dewasa adalah hal yang salah... Jadi keputusan sulit harus diambil, orang-orang ini harus dilenyapkan dari muka bumi." (wikipedia)


Firman Allah SWT:

وَقَضَيْنَا إِلَى بَنِي إِسْرَائِيلَ فِي الْكِتَابِ لَتُفْسِدُنَّ فِي الْأَرْضِ مَرَّتَيْنِ وَلَتَعْلُنَّ عُلُوًّا كَبِيرًا (4) فَإِذَا جَاءَ وَعْدُ أُولَاهُمَا بَعَثْنَا عَلَيْكُمْ عِبَادًا لَنَا أُولِي بَأْسٍ شَدِيدٍ فَجَاسُوا خِلَالَ الدِّيَارِ وَكَانَ وَعْدًا مَفْعُولًا (5) ثُمَّ رَدَدْنَا لَكُمُ الْكَرَّةَ عَلَيْهِمْ وَأَمْدَدْنَاكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَجَعَلْنَاكُمْ أَكْثَرَ نَفِيرًا (6) إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ وَإِنْ أَسَأْتُمْ فَلَهَا فَإِذَا جَاءَ وَعْدُ الْآَخِرَةِ لِيَسُوءُوا وُجُوهَكُمْ وَلِيَدْخُلُوا الْمَسْجِدَ كَمَا دَخَلُوهُ أَوَّلَ مَرَّةٍ وَلِيُتَبِّرُوا مَا عَلَوْا تَتْبِيرًا (7)

Dan telah Kami tetapkan terhadap Bani Israel dalam kitab itu: “Sesungguhnya kamu akan membuat kerusakan di muka bumi ini dua kali dan pasti kamu akan menyombongkan diri dengan kesombongan yang besar.” Maka apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) pertama dari kedua (kejahatan) itu, Kami datangkan kepadamu hamba-hamba Kami yang mempunyai kekuatan yang besar, lalu mereka merajalela di kampung-kampung, dan itulah ketetapan yang pasti terlaksana. Kemudian Kami berikan kepadamu giliran untuk mengalahkan mereka kembali dan Kami membantumu dengan harta kekayaan dan anak-anak dan Kami jadikan kamu kelompok yang lebih besar. Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat maka kejahatan itu bagi dirimu sendiri, dan apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) yang kedua, (Kami datangkan orang-orang lain) untuk menyuramkan muka-muka kamu dan mereka masuk ke dalam mesjid, sebagaimana musuh-musuhmu memasukinya pada kali pertama dan untuk membinasakan sehabis-habisnya apa saja yang mereka kuasai (QS al-Isra’ [17]: 4-7).


Lebih lengkapnya bisa baca di wikipedia. Biar tau gimana sih sejarahnya.
Please bacanya sampe tamat.

http://id.wikipedia.org/wiki/Holokaus
http://id.wikipedia.org/wiki/Adolf_Hitler

No comments: